Memberi Makan Burung Unta dengan Metode yang Tepat - Shyna

Baca sekarang juga!

Friday, April 27, 2018

Memberi Makan Burung Unta dengan Metode yang Tepat

Pakannya pelet atau pakan anak ayam broiler periode starter yang berkadar protein tinggi. Pakan itu diberikan 3 kali sehari, dan masing-masing porsi dapat dihabiskan dalam waktu satu jam. Pakan tambahannya hijauan segar, misalnya daun alfalfa atau semanggi yang diberikan 3-4 kali sehari.

Kalau burung belum dapat menelan sendiri pakannya, ia bisa dibantu dengan menyuapinya. Pakan yang agak basah dibentuk menjadi butiran-butiran kecil, lalu dilolohkan ke mulutnya. Penyuapan itu berlangsung sampai burung dapat makan dan minum sendiri. Penyuapan pakan setelah piyik berumur satu minggu sangat penting karena akan merangsang kegiatan makan dan membantu menguras sisa-sisa kuning telur dalam jaringan pencernaan, memacu pertumbuhan, menjaga kesehatan, dan mencegah timbulnya radang usus.

Setelah aktif makan dan minum, bobot piyik umur 2 minggu sedikit lebih berat dibandingkan bobot saat menetas. Ketika umurnya menginjak 3 minggu, bobotnya naik 0,226 kg. Umur 1-2 bulan, bobotnya dua kali lipat lebih berat dibandingkan saat menetas. Selanjutnya bobotnya akan bertambah rata-rata sekitar 0,226 kg setiap hari, sehingga pada umur 3 bulan rata-rata bobotnya mencapai 13,6 kg.

Laju pertumbuhan piyik burung unta sampai umur 8 minggu sebagai berikut.

Seksing atau penentuan jenis kelamin jantan/betina dilakukan pada umur 4-8 minggu dengan memeriksa lubang kloakanya. Dengan menekan lubangnya ke dalam, akan terlihat tonjolan berbentuk phallus melengkung dan lunak pada bu rung jantan. Yang betina tidak ber-phallus.


Piyik umur 2-3 bulan

Mulai umur 2-3 bulan, piyik dipelihara di sangkar besar berukuran panjang 3,6 m, Iebar 1,22 m, tinggi 0,61 m. Sangkar ini dihuni beberapa ekor burung. Sampai umur 2 bulan anak burung unta masih bisa diangkat-angkat dengan menopang dadanya dengan satu tangan dan meletakkan tangan yang lain di bagian belakang, lalu membiarkan kedua kakinya menjuntai ke bawah. Kalau akan dikirim atau dipindah ke tempat jauh, anak burung ini sudah cukup kuat, asalkan kepalanya diselubungi dulu dengan kantung besar. Dengan kepala tertutup itu, mereka dapat diangkut dengan kondisi tetap berdiri tenang di dalam kendaraan yang sedang berjalan.

Sangkar besar itu ditempatkan di lapangan yang rumputnya pendek. Peletakannya dipindah-pindah setiap hari dari tempat satu ke tempat lain. Kalau cuaca bagus, udara hangat, dan matahari bersinar cerah, anak burung dikeluarkan dari sangkar pembesaran. Biarkan mere ka berjalan-jalan di lapangan rumput. Begitu cuaca jelek atau akan turun hujan, segera kembalikan mereka ke kandang istirahat yang suhu ruangannya hangat dan stabil, bersuhu sekitar 18,3°C. Burung seusia ini masih sensitif terhadap perubahan cuaca dan tiupan angin yang ekstrim.

Di Taman Safari, Bogor, anak burung unta umur 3 bulan diberi ransum campuran : maggie chow (pakan impor mirip dedak, berkadar protein tinggi, berbentuk pelet) 2 kg, dog food (pakan buatan untuk anjing) 1 kg, roti tawar 12 lembar (300 gram), bayam tiga ikat, caisim satu ikat, kacang panjang 375 gram, tauge 375 gram, sawi putih satu bonggol. Jumlah pakan ini untuk sekali makan bagi 9 ekor burung. Pakan itu dilumat jadi satu, lalu diberikan 3 kali sehari, pukul 08.00, 14.00, dan 18.00.

Burung muda

Burung muda berumur 3-10 bulan dipelihara dengan fasilitas sama dengan piyik, tapi berukuran lebih luas. Pintu ke luar dan masuk tersedia langsung dari kandang sampai ke luar ruangan.

Kandang di luar ruangan berupa lapangan berpagar keliling dan permukaannya ditumbuhi tanaman penutup tanah seperti rumput, semanggi, atau alfalfa. Rumputnya tetap dipelihara pendek, terutama menjelang berbunga atau mulai mengering dengan pemangkasan.

Burung umur 4-8 bulan sudah terlalu besar dan berat untuk diangkat. la sudah bisa disuruh berjalan sendiri dengan diarahkan ke suatu tempat. Setelah umur 6 bulan, burung unta sering menolak tinggal di dalam ruangan, karena daya tahan tubuhnya sudah kuat dan bulu bulunya mulai tumbuh sempurna. Kondisi fisiknya sudah kuat, sehingga ia tidak terpengaruh perubahan cuaca yang ekstrim. Burung ini lebih suka berada di alam terbuka siang dan malam.

Pakan burung unta umur 6 bulan di Taman Safari berupa campuran : maggie chow 4,5 kg, pelet (voer pakan burung) 1,5 kg, dog food 1,2 kg, roti tawar 1,5 kg, tar.".1 1 kg, ubi 1 kg, tepung tulang 0,5 kg, kangkung 1,5 kg, caisim 3,5 kg, bayam 3 kg, sawi putih 1 kg, tauge 0,5 kg, kacang panjang 1 kg, buncis 0,5 kg, pepaya 1-2 kg. Pakan sebanyak itu merupakan jatah 6 ekor burung unta yang diberikan 2 kali sehari.

Mulai umur 8 bulan pakannya berupa campuran: maggie chow 7 kg, pelet (voer pakan burung) 3 kg, dog food 3 kg, roti 4 kg, tahu 3 kg, bayam 6 kg, tepung tulang 4 kg, caisim 6 kg, kacang panjang 4 kg, kacang tanah 5 kg, kacang buncis 3 kg, kangkung 5 kg, sawi putih 3 kg, ubi 4 kg, telur puyuh 2 kg, tauge 2 kg. Pakan ini juga jatah 6 ekor burung unta dalam sehari, diberikan dua kali.

No comments:

Post a Comment